Cara Mengobati Gudik dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengobati Gudik dengan Cepat dan Mudah

Beragam cara mengobati gudik dengan cepat dan mudah yang dilakukan sederhana tanpa ada perawatan khusus. Bahan herbal alami dari tanaman-tanaman disekitar lingkungan terdekat dapat menjadi solusi obat gudik yang bisa dibuat secara sederhana dan mudah.

Penyakit gudik atau sering juga menyebutnya dengan gudikan dalam praktek medisnya disebut dengan scabies. Yaitu kondisi penyakit yang dapat menimbulkan berbagai gejala pada kulit seperti gatal-gatal, ruam, memerah, bintik-bintik dan dapat memunculkan luka pada kulit.

Penyakit yang satu ini yaitu scabies cukup banyak diderita dan dialami oleh masyarakat Indonesia di hampir seluruh wilayah Indonea, sehingga banyak sekali penamaan atau istilah untuk penyakit scabies seperti gudik (gudikan), gatal agogo, kudis (kudisan), budukan dan istilah nama lainnya.

Penyebab gudik diakibatkan oleh serangan kutu atau tungau yang masuk ke dalam lapisan kulit. Tungau atau kutu tersebut bernama sarcoptes scabies, mikroorganisme ini biasanya terdapat pada hewan terlebih lagi bila hewan liar yang kumuh dan kotor. Hewan peliharaan pun tetap bisa terdapat tungau sarcoptes scabies bila terjangkit atau jarang dibersihkan.

Tungau sarcoptes scabies dapat masuk ke dalam lapisan kulit dengan menggalinya, tidak hanya menggali saja tungau ini juga bersarang dan berkembang biang di dalam lapisan kulit. Tungan yang bersarang dan berkembang biak di dalam kulit dapat muncul beragam gejala gejala gudik atau scabies.

Ketika tungau masuk dan baru bersarang di dalam kulit biasanya tidak langsung menimbulkan gejala penyakit gudik. Sebab masa inkubasi tungau sarcoptes scabies ini biasanya kurang lebih sekitar 30-60 hari baru setelah waktu itu tungau mulai aktif dan mulai berkembang biak muncul  beragam gejala gudik pada kulit.

Tungau sarcoptes scabies betina biasanya juga akan menyimpan telur-telurnya di dalam kulit ketika sudah dibuahi. Dan membiarkannya sampai telur menetas denganseperti ini gejala gudik dapat menyebar keseluruh tubuh bila tungau-tungau penyebab gudik dibiarkan untuk terus tumbuh dan berkembang biak di dalam lapisan kulit.

Penyakit gudik dapat dialami oleh siapa saja tak kenal usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja mulai dari kepala, leher, badan, tangan, sela-sela jari, paha atau daerah selangkangan, organ kemaluan sampai dibagian bawah atau kaki.

Cara Mengobati Gudik dengan Cepat dan Mudah


Gudik salah satu penyakit kulit yang termasuk ke dalam kategori menular, beragam cara penularannya bisa dengan kontak langsung contohnya seperti bersentuhan langsung dengan hewan yang kebetulan ada tungau sarcoptes scabies lalu tungau menempel pada kulit, bersentuhan dengan pengidap gudik, atau bisa juga dari pakaian yang terkontaminasi tungau gudik dan dapat tertular dengan cara lainnya.

Tindakan cepat untuk mengobati gudik sangat dianjurkan dimana penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dan juga dapat menularkan ke pada orang lain. Konsumsi obat gudik secepatnya bila gejala yang ditimbulkan sangat menggangu aktifitas dan kenyamanan hidup.

Beragam tanaman herbal alami sangat membantu untuk tuntaskan mengatasi gudik dan menghilangkan gejala-gejalanya. Di lingkuingan sekitar terdapat beragam tanaman mulai dari akar, buah dan daunnya dapat dimanfaat untuk pengobatan gudik atau gudikan.

Salah satunya ialah lidah buaya. Tanaman jenis ini banyak terdapat di lingkungan sekitar dan dapat diambil manfaatnya untuk obat gudik. Lidah buaya dapt bertindak sebagai anti mikroba,  dapat menghilangkan gejala gigitan serangga dan sudah sejak dulu selain manfaatnya bagus untuk rambut juga bagus untuk beragam penyakit kulit.

Penggunaannya mudah dan efisien cukup mencari tanaman lidah buaya lalu kupas kulitnya dan ambil dagingnya saja lalu memotongnya kecil-kecil atau dapat dibuat menjadi gel lidah buaya. Olesksan saja atau tempelkan potongan lidah buaya pada kulit yang mengalami gudik, tunggu beberapa saat agar menyerap lalu bilas sampai bersih.

Jenis tanaman lainnya yang dapat diambil untuk digunakan obat gudik adalah tanaman mimba yang diambil daunnya saja. Daun mimba memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri ini bagus untuk mengobati gudik atau gudikan sebab dapat memberantas tungau penyebab gudik.
Bila dilingkungan sekitar cukup banyak tanaman mimba tidak perlu repot untuk mengatasi gudik, ambil daun mimba secukupnya lalu buatagar menjadi dengan menumbuknya sampai halus. Pasta ini oleskan saja langsung pada kulit yang terkena gudik lalu biarkan sebentar hingga meresap dan kering setelah itu basuh dengan air bersih.

Penyakit gudik memang bukan sebuah kondisi penyakit yang serius namun bila tanpa melakukan tindakan pengobatan kondisinya dapat menjadi serius dengan menyebar keseluruh tubuh dan gejalanya menjadi sangat mengganggu. Tidak ada salahnya bila pengobatan dilakukan dengan cepat untuk mencegah keparahan. Apalgi bila kodnisinya sudah parah pengobatan harus dilakukan secepat mungkin guna untuk mendapatkan kesembuhan yang diidamkan.