Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami

Penyakit cacar air umumnya lebih sering dialami oleh anak anak tetapi bukan tidak mungkin orang dewasa pun mengalaminya. Dari fakta yang ada bahwa tidak sedikit orang dewasa pun juga bisa mengalami penyakit cacar air.

Pembahasan kali ini akan membahas cara mengobati cacar air pada anak atau dewasa secara alami. Pengobatan cacar air bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan cara alami, cara alami disini maksudnya ialah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti dari dedaunan, akar ataupun buah-buahan.

Cacar air atau dalam dunia medis disebut dengan varisela yaitu salah satu penyakit kulit dengan gejala bintik-bintik atau benjolan kecil yang bersisi air berwarna putih atau bening dan disertai juga gejala-gejala lain terutama demam, nyeri di seluruh bagian tubuh dan sakit kepala.

Penyebab cacar air karena terinfeksi virus varicella zoster yang masuk ke dalam tubuh yang dapat menular dengan cepat. Penularannya dapat melalui kontak langsung dengan pengidap atau lewat percikan bersin atau batuk.

Ketika virus varicella zoster masuk ke dalam tubuh maka saat itulah tubuh kemungkinan besar akan mengalami penyakit cacar. Akibat masuknya virus itu ke dalam tubuh maka akan timbul berbagai keluhan atau gejala-gejala dari penyakit cacar air.

Gejala awal cacar air diantaranya seperti ruam merah yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Terkadang selain munculnya ruam ruam tersebut ada juga yang diawali dengan gejala gejala berikut seperti :
  • Demam.
  • Rasa mual dan tubuh terasa tidak segar.
  • Tidak nafsu makan.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Rasa nyeri atau sakit pada otot.
Setelah gejala awal itu muncul seperti ruam ruam pada kulit dan kadang juga diserai dengan rasa gatal gatal, biasanya gejala ruam itu umumnya akan berubah dalam bentuk 3 tahapan antara lain :
  • Ruam menjadi bentol bentol kecil atau benjolan kecil yang gatal.
  • Bentol bentol tersebut kemudian berubah menjadi bintil berisi cairan yang sangat gatal.
  • Setelah 1-2 hari, bintil berisi cairan itu akan mengelupas dengan sendirinya sehingga akan mengering dan menjadi koreng.
Tidak hanya pada anak anak dan orang dewasa saja yang bisa mengalami cacar air, ibu hamil pun bisa juga mengalami cacar air. Namun demikian memang secara umum biasanya anak anak usia dibawah 10 tahu lebih sering mengalami penaykti cacar air.

Cara terbaik untuk mengobati cacar air baik pada anak anak ataupun pada orang dewasa ialah dengan memeriksakan diri ke dokter terdekat. Dengan diperiksa maka dokter akan mendapat penanganan yang tepat untuk mengobati cacar air tersebut.

Pengobatan cacar air secara alami bisa juga Anda terapkan di rumah tanpa memeriksakan diri kedokter, yang perlu dilakukan ialah dengan melakukan berbagai hal sederahan untuk mengobati dan mencegahnya menjadi lebih parah lagi.

Hal hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati cacar air antara lain seperti :
  • Perbanyak minum air mineral dan hindari makanan yang dapat membuat mulut sakit, khususnya makanan asin. Jika ada bintil bintil cacar pada mulut bisa menggunakan es untuk meringankan nyeri atau gatal akibat bintil cacar air di dalam mulut.
  • Jangan menggaruk bintil bintik cacar air karena dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyisakan bekas luka. Salah satunya bisa menggunakan sarung tangan atau kaus kaki saat tidur untuk mencegah garukan yang tidak disadari, terutama pada anak-anak.
  • Untuk mengurangi rasa gatal bisa juga mengoleskan losion, bedak kalamin, atau mengonsumsi chlorphenamine ( cocok diminum anak anak berusia 1 tahun ke atas ).
  • Kenakan pakaian berbahan kain yang lembut seperti katun, dan juga harus longgar agar iritasi kulit yang lebih parah akibat bintil cacar air dapat dicegah.
  • Jika perlu bisa mengkonsumsi obat pereda sakit atau analgesik seperti paracetamol yang mengalami nyeri serta demam.
  • Saran, jika anak berusia di bawah 3 bulan mengalami cacar air akan lebih baik segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat.
Selain dengan melakukan hal hal sederhana diatas untuk pengobatan bisa dilakukan dengan menambahkan obat cacar air alami yang terbuat dari bahan bahan natural. Cara mengobati cacar air secara alami dipilih karena memiliki berbagai keunggulan salah satunya bisa menjadi lebih efektif dibanding dengan pengobatan dokter dan sudah terbukti sejak lama pengobatan secara alami memiliki khasiat yang luar biasa.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan menjadi obat cacar air untuk anak ataupun orang dewasa, antara lain seperti :

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami
Menggunakan Jahe
Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air yaitu jahe. Jahe memang terkenal sebagai bahan dapur yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, salah satu khasiatnya yang cukup terkenal adalah sebagai terapi obat cacar air karena memiliki zat anti infeksi dan anti peradangan. Caranya cukup mengiris jahe tipis tipis sebanyak satu sendok makan dan seduh ke dalam air panas. Biar lebih segar bisa ditambah dengan madu, minumlah secara rutin hingga cacar air yang Anda lami sembuh sampai tuntas.

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami
Dengan Minyak Cendana
Mengobati cacar air dengan obat-obatan herbal alami memang tidak ada salahnya dan patut untuk di coba, rekomendasi kedua obat cacar air alami adalah minyak cendana. Caranya cukup mencampurkan sekitar tiga hingga tujuh tetes minyak cendana ke dalam 1 sendok teh kunyit bubuk, aduk hingga rata dan menjadi seperti pasta. Inilah yang menjadi obat cacar air alami, penggunaannya anda bisa membalurkan ( mengusapkan ) ke seluruh bagian kulit yang terinfeksi serta jangan lupa untuk melakukanya secara rutin sampai sembuh.

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami
Menggunakan Daun Neem
Selanjutnya obat cacar air yang juga terkenal berkhasiat mengatasi cacar air adalah daun neem. Daun neem mempunyai kandungan yang bisa membasmi virus penyebab cacar air, kandungan tersebut adalah zat antiviral dan juga zat antioksidan serta anti karsinogenik.

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak atau Dewasa dengan Obat Alami
Dengan Madu
Madu bisa menjadi pilihan obat cacar air yang terakhir, madu memang memiliki zat anti inflamasi yang sangat tinggi sekali ditambah zat anti viral yang mana mempunyai kemampuan untuk membasmi virus penyebab cacar air. Caranya tidak untuk di minum tetapi dioleskan tipis-tipis ke area kulit yang mengalami cacar air. Setelah itu biarkan selama kurang lebih setengah jam agar madu tersebut bisa terserap semua oleh kulit kemudian basuh dengan air bersih.

Itulah beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air pada anak ataupun pada orang dewasa, masih banyak lagi bahan-bahan alami lainnya yang berkhasiat untuk dijadikan ramuan obat cacar air tradisional alami.

Perlu diperhatikan dan sangat penting jika cacar air dirasa semakin parah, segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat agar mendapat penangan yang tepat dan penyakit cacar air bisa cepat sembuh.