Cara Mengobati Bekas Luka Operasi Caesar

Tips Penyembuhan Luka Operasi Caesar Agar Cepat Kering

1. Perhatikan Nutrisi Makanan Selama Proses Penyembuhan

Mendapatkan nutrisi seimbang adalah kuncinya. Bunda pasti menginginkan banyak buah dan sayuran untuk vitamin dan mineral. Carilah khususnya makanan yang kaya akan zat besi, Zinc dan magnesium. Bunda juga akan mendapatkan keuntungan dari makanan kaya protein. Karena tubuh Bunda memerlukan protein yang cukup banyak untuk proses penyembuhan luka. Bunda juga harus menambahkan serat dalam jumlah yang baik. Serat dapat membantu memperbaiki gerakan usus.

2. Jalan-jalan di pagi hari

Gerakan tubuh di pagi hari akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar bekas operasi pun jadi tidak terasa kaku. Sehingga menurunkan risiko pembekuan darah dan agar luka caesar cepat kering.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih di pagi hari juga baik untuk kesehatan loh Bunda. Kebanyakan wanita kehilangan cukup banyak darah selama operasi caesar. Oleh karena itu, ganti cairan yang hilang itu dengan perbanyak air putih. Bunda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari.

4. Menjaga bekas luka agar tetap kering dan bersih

Saat ini teknik pengobatan pasca caesar sudah lebih canggih. Dulu kita perlu mengganti perban luka sehari dua kali. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi. Saat pulang dari rumah sakit, luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Bunda bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari ke depan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan.